Cari Blog Ini

Rabu, 20 Oktober 2010

belajar bahasa korea

Ketika berbicara daLam Bahasa Korea, Kita harus memperhatikan siapa yg Kita ajak berbicara, apa hubungannya dengan Kita, Umur, dan Status SosiaLnya, untuk dapat menerapkan piLihan kata sopan dan tepat.


Ada beberapa tingkat kesopanan berbicara yg di Letakan sebagai akhiran (suffix) pada akhir Kata Kerja sebuah kaLimat.


Secara Umum, tingkat kesopanan tersebut di bagi menjadi 3 Kategori, yaitu : Bentuk Sopan FormaL, Bentuk Sopan Non FormaL, dan Bentuk Penghargaan / Kehormatan (Honorific).


1. Bentuk Sopan FormaL

Bentuk ini di gunakan pada situasi FormaL dan umumnya di gunakan pada percakapan antar Pria. Untuk membuat kaLimat dengan bentuk ini, maka kata kerja daLam kaLimat harus di tambakhan akhiran " mnida " jika kata kerja dasar pada kaLimat tersebut berakhiran dengan huruf VokaL, sedangkan untuk kata kerja yg berakhiran dengan huruf Konsonan, maka di tambah akhiran " seumnida " dan jika ingin membuat kaLimat tanya, ubahLah akhiran " da " pada kata kerja tersebut menjadi " kka " ?


2. Bentuk Sopan Non FormaL

Bentuk ini umumnya di gunakan untuk percakapan sehari - hari, khususnya di gunakan oLeh Wanita. Untuk membuat kaLimat bentuk ini, maka pada kata kerja sebuah kaLimat di tambahkan akhiran " ayo " apabiLa kata kerja tersebut berakhiran huruf " a " dan " o ". kata kerja berakhiran seLain VokaL " a " dan " o " maka menggunakan tambahan " eoyo ".


3. Bentuk Penghargaan (Honorific)

Bentuk ini di gunakan ketika berbicara pada orang yg berkedudukan Lebih tinggi seperti Atasan, KLien, Tamu, orang yg Lebih Tua atau yg di Tuakan serta orang yg mempunyai kedudukan sosiaL yg Lebih tinggi. Bentuk ini di maksudkan untuk menunjukan rasa hormat pada Lawan bicara, dan bentuk ini tidak boLeh di gunakan ketika berbicara merujuk pada diri sendiri. Untuk membuat kaimat bentuk ini, tambahkan akhiran " seyo " jika kata kerja yg di gunakan berakhiran huruf VokaL dan menambahkan akhiran " euseyo " jika kata kerja yg di gunakan berakhiran huruf Konsonan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar